DEFINISI, FUNGSI, & CARA KERJA CLOUD COMPUTING

Mungkin beberapa di antara kita sudah pernah mendengar dengan istilah Cloud Computing. Bahkan bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Cloud Computing memudahkan pekerjaan, bahkan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam suatu perusahaan. Dalam penerapannya, Cloud Computing hanya membutuhkan jaringan internet, dikarenakan Cloud Computing memiliki server yang terpusat. Di bawah ini merupakan penjelasan dari Cloud Computing, Yuk kita simak penjelasannya!



Definisi Cloud Computing

Apa itu Cloud Computing? Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer ('komputasi') dan pengembangan berbasis internet ('awan'). Cloud Computing merupakan istilah dari Cloud diartikan sebagai internet dan Computing diartikan sebagai komputer. Definisi dari Cloud Computing adalah sebuah proses pengolahan daya komputasi melalui jaringan internet yang memiliki fungsi agar dapat menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama.



Fungsi Cloud Computing

Data Disimpan Secara Terpusat

Dengan menggunakan cloud computing, seluruh data yang dikelola akan tersimpan secara terpusat dan penyimpanan menjadi lebih besar dari pada menggunakan alat seperti flashdisk atau hardisk karena menggunakan teknologi big data. Selain itu, seluruh data yang tersimpan melalui Cloud Computing ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi.



Meningkatkan Kinerja dan Produktivitas

Karena penggunaan cloud ini sangat mudah, tentu saja akan meningkatkan kinerja setiap kelompok atau divisi serta dapat menghubungkan satu divisi dengan divisi yang lainnya.

 
Sistem Akan Selalu Up to Date

Fungsi ketiga ini adalah fungsi favorit dari pada pengguna clooud. Karena sistem ini dapat memperbarui secara otomatis sehingga dapat memudahkan pengguna atau user dalam mengelola data. Update dilakukan agar tingkat keamanan lebih terjaga dan memberikan pengalaman yang lebih baik dari sebelumnya.







Cara Kerja Cloud Computing

Cara kerja teknologi cloud computing sebenarnya cukup sederhana. Komputasi awan menjadikan internet sebagai pusat penyimpanan dan pengelolaan data. Selanjutnya, perangkat yang digunakan untuk mengakses cloud storage harus mempunyai koneksi dan jaringan internet. Setelah terhubung, user sudah bisa menggunakan teknologi ini.

Sedangkan dalam ruangan virtual cloud, sumber daya yang ada dikumpulkan dan dibuat untuk membuat melayani kebutuhan pelanggan. Sumber daya ini dirancang untuk menjadi lebih fleksibel agar penggunanya bisa mengakses lebih banyak ruang penyimpanan jika perlu. Jika ada sumber daya yang tidak digunakan saat user menggunakan software dan aplikasi, maka resources tersebut akan dilepas kembali ke jaringan cloud.